Jumat, 23 Oktober 2015

A.S.A.P.

A.S.A.P.

Bagaimana tidak lala
Kamu minta berdoa
Bukan untukmu
Untuk mereka


Kamis, 19 Februari 2015

Persiapan Kerja Praktik di VICO Indonesia

Hiya readers! Aaah udah lama ngga nengok di mariiiiih
Udah lebih 3 bulan setelah saya kerja praktik di VICO Indonesia Oktober kemarin. Saya mau cerita dikit nih seputar Kerja Praktik, khususnya kerja praktik saya. /agak lamban, maafkan.

HUAHAHAHA. krik.

Jadi pertama kalo mau KP, pastinya harus bikin proposal lah ya. Alamatkan ke Human Resources perusahaan tujuan kamu. Dulu saya sih bikinnya sekitar bulan April 2014, dan KPnya Oktober 2014. Lama? enggak. Tergantung perusahaan yang kamu apply, yang saya tau biasanya perusahaan oil & gas mengharuskan kamu kirim proposal setahun sebelum jadwal kamu Kerja Praktik. Ini wajar. Karena emang yang ngajuin proposal KP bukan cuma kamu. Perusahaan musti nyeleksi sekian buanyak proposal dan ngatur s e g a l a n y a (efek dramatis) selama kamu KP di tempat mereka. Saya termasuk beruntung karena langsung approve dan tidak harus apply di beberapa tempat. Makanya, buat kamu yang mau KP, pastiin perusahaan yang kamu incer dari setahun sebelum kamu KP. Lengkapin persyaratannya dan usahain bisa menjalin koneksi yang baik sama perusahaan, kan ntar bisa tanya-tanya.... Yaaah, kalo dulu sih saya ngga ribet, karena Alhamdulillah LNG Academy cares banget soal urusan KP, jangan iri ya, hoho.

Hal-hal pentingnyasih  udah ada di atas, kalo soal proposal......... ya basic lah, ada background, overview, objective. Trus ada realisasinya gimana, action plan, timeline, dan pastinya data diri. Di proposal ini kamu bisa tentuin langsung topik yang kamu mau bahas. Misalnya kamu jurusan Teknik Mesin dan mau bahas mengenai Gas Engine, karena di tempat tujuan KP kamu ada gas engine-nya. Atau karena kamu mau ambil topik gas engine buat bahan Tugas Akhir atau skripsi, kan bisa sekalian. Kalo di proposal saya sih ngga sampai spesifik gitu, karena biasanya topik KP itu berdasarkan masalah aktual di lapangan. Jadi ya bisa troubleshooting, failure analysis, evaluasi performa, dll. Konsultasi aja sama dosen pembimbing di kampus. Oh iya, fyi, proposal saya bahasa inggris. Tapi ngga mesti bahasa inggris kok. Beneran. Kalo mau bikin 2 juga boleh, asal penggunaannya tepat aja, TRING!.

Abis ngirim proposal, inget ya, harus di follow up! jangan mau di-gantungin, di ambangin, diphpin atau apalah itu. Kejar proposal kamu, tanyain persisnya kapan kamu bakal mulai KP. Kalo udah tau, langsung aja omongin tentang hak dan kewajiban kamu selama KP. Ini penting loh, ngga usah malu-malu, tanyain aja. Ada akomodasi ngga? transportasi? makan? uang saku? atau malahan mau nanya tentang laundry ataupun ATM terdekat ada di mana atau pemukiman terdekat kira-kira berapa jam? *ehm beberapa lapangan oil & gas kan biasanya agak di dalem gitu tempatnya*. Asal tau aja, saya beneran nanyain lho ada ATM apa enggak ._. Prinsipnya, tanya dengan kewajaran elegan HAIYAH! Tapi jangan lupa tanyain hari kerja, jam kerja, perlengkapan wajib yang musti dibawa (ini biasanya dikasih tau), bahkan tanya aja keadaan alam di tempat KP, sapa tau kan tempat KP kamu dingin, jadi musti bawa jaket, atau malah panas, jadi mendingan bawa topi, tabir surya, bla bla bla.

Persiapan udah lengkap? Oke, saatnya kamu konfirmasi kehadiran. Kalo di VICO, waktu sampai lokasi langsung izin dulu ke security terus lanjut ke bagian Human Resources. Di situ tempat ngasih berkas-berkas yang wajib kamu bawa. Ini juga untuk pembuatan badge akses ke lapangan. Di sini, kamu langsung dapet induction dari HR. Induction ini mengenai jadwal kerja, keselamatan, dan pesan-pesan lain yang harus kamu perhatiin banget selama KP di VICO. Terus, langsung deh dipinjemin coverall buat seragam selama KP dan di anter ke camp sekalian dijelasin singkat tentang tempat makan, laundry, dll. Di VICO, hari itu juga badge saya dan teman-teman jadi. Abis dijelasin singkat sama resepsionis camp, kami langsung ke kamar buat siap-siap balik ke HR, ambil badge, dan diarahkan ke pembimbing lapangan. Sebelumnya sih jalan-jalan dulu di area workshopnya. Kalo saya kan di Mechanical Maintenance Badak Field Northern Area VICO Indonesia, jadi ya ke Maintenance Deparment dulu buat izin sama superintendent Maintenancenya. Kalau kamu? yaa saya ngga tau hihi /apasih.

Kira-kira gitu deh persiapan kamu buat KP. Oh iya! kalo yang mau KP di VICO ataupun di perusahaan oil & gas lain, bawa bajunya ngga usah banyak-banyak. Udah ada jasa l a u n d r y. Lagian baju buat ke lapangan juga cuma coverall, tok.

Okedeh, selamat KP!



Kamis, 10 Juli 2014

White Kitten

Hiya! 
Punya binatang peliharaan? Kali ini saya mau cerita tentang kucing di rumah saya. Di rumah ada beberapa kucing. Sekedar info aja. Jantan, betina, ekor panjang sampai yang ngga tau kenapa hampir ngga punya ekor. Agak aneh memang, bagian belakangnya jadi kayak ngga tercover :| abaikan. Tapi saya ngga mau nyeritain kucing ini. Ini tentang kucing yang lain. 

Dia belang putih-kuning. Dia betina. Dia beranak tiga. Satu diantaranya berbulu putih semua. Baguuus banget. Pasti kalo udah gede tambah bagus. Waktu masih hamil, rencananya dia seanak-anaknya bakal dipindah-rumahkan, baca: dikasih ke siapapun yang mau atau ditaruh di tempat lain yang dirasa lebih cocok. Oke, itu bahasa halusnya. Tapi pas tau ada 1 anak kucing yang bulunya putih semua, rencananya berubah: kalo udah ngga nyusu, 2 anak kucing lain yang belang putih-kuning bakal dikasih ke tetangga, yang bulunya putih semua bakal tetep ada di rumah. Jadilah ketiga anak kucing dan induknya masih tetep di rumah.

Selang hampir sebulan, 2 anak kucing belang putih kuning udah jalan-jalan+lari, matanya gede jernih. Udah jelajah ke ruangan-ruangan di rumah. Tapi kemana anak kucing yang putih semua? Dia masih tidur. Tiduur terus. Matanya ngga terbuka lebar. Badannya kecil. Hampir sama seperti baru lahir. Kalaupun jalan, jalannya lambat, yah hampir kaya baru lahir. Bulunya juga lebih jarang dari yang lain. Padahal waktu baru lahir, dia yang paling bagus. Dia kenapa ya? Waktu nyusu ke induknya juga ngga semangat, malahan kadang-kadang ngga kebagian tempat, walaupun cuma berbagi ke dua saudara yang lainnya. Lama-lama, matanya jadi hampir merem. Mukanya lebih kotor. Dia kurus. Kasiaan banget. Sementara 2 anak kucing lain udah jalan-jalan, dia tetep baring di atas kain handuk. Pernah juga dia tidur sampai keluar dari kain handuk, kepisah sama 2 anak kucing yang lain. Untuk pindah ke deket saudaranya aja dia kayanya udah ngga bisa. Sampai sekarang, orang rumah ngga ada yang tau kenapa. Mungkin emang lemah dari lahir? mungkin sakit? golongan darahnya beda? resesif? ngga tau. Sampai-sampai posisi tidurnya udah ngga lazim. Tungkai depan dan belakang posisinya aneh. Tapi masih gerak kok. Tapi makin kaya ngga gerak. Mau megang juga ngeri. Kasihan. Sayang banget. Sedih ngeliatnya. Ini masih ditunggu, sepertinya udah hampir ngga bernapas lagi. 

Tapi mudah-mudahan ntar waktu abis nyusu lagi ama induknya, bisa lebih seger ya.

O white kitten, you're really really have a beautiful fur.

Selasa, 18 Maret 2014

The Knife Game

Hiya!
Kalian tau permainan pisau nggak? ada banyak sih ya, tapi kalo yang bisa dimainin sambil nyanyi tau nggak? Yap. Ngga tau kaan? HAHAHAHAHAH ._.


Ini permainan nama kecenya The Knife Game yang emang ada lagunya -The Knife Game Song- you don't say, ngga ada istimewanya gitu ya namanya. Prinsipnya sih nusuk meja di sela-sela jari tangan (inget ya, tangan, bukan kaki). Udah.
Nah, pelaku provokator yang buat game ini jadi terkenal, trus sampe masuk di video The Fine Bros dan akhirnya ditulis di sini ya si Rusty Cage, dia upload di youtube gitu, trus banyak yang ikutan upload.
Sebenernya yang bikin lebih menarik dari permainan pisau ini tuh lagunya. Yang tadinya permainannya serem banget (sampe terlarang ditonton di youtube buat 18 tahun ke bawah) bisa jadi agak asik karena lagunya yang enak didenger, walaupun liriknya ada yang rada serem.
Ini nih lirik dari The Knife Game Song hasil dari googling:

The Knife Game Song


"There is an old tradition, a game we all can play.
You start by getting lickered up and sharping your blade.
You take a shot of whiskey, you grab you knife and pray.
You spread apart your fingers, and this is what you say.".

"Oh! I have all my fingers.
The knife goes CHOP CHOP CHOP!
If I miss the spaces in between, my fingers will come off.
And if I hit my fingers, the blood will soon come out.
But all the same, I play this, cause that's whats all about.".

"No you can't use a pencil, you can not use a pen.
The only only way is with a knife, when danger is your friend.
Some may call it stupid, some may call it dumb!
But all the same, I play this game, because it's so damn fun!"

"Oh! I have all my fingers.
The knife goes CHOP CHOP CHOP!
If I miss the spaces in between, my fingers will come off.
And if I hit my fingers, the blood will soon come out.
But all the same, I play this, cause that's whats all about.
Oh! CHOP CHOP CHOP CHOP CHOP CHOP CHOP CHOP CHOP!
I'm picking up the speed.
And if I hit my fingers, then my hand will start to bleed!"


Dari liriknya, emang banyak yang bilang ini permainan bego, tapi bagi yang expert yaa buat dia sih asik. Mungkin bisa dicoba, buat latihan kecepatan, ketepatan, dan ketelitian *ceilah~* trus pisaunya diganti pake PENSIL RUNCING yang di ujung satunya ada penghapusnya, nah bagian ujung yang ada penghapusnya itu yang dipake B), tapi teteuplah, maen do mi ka do lebih asik :)

Minggu, 08 Desember 2013

Best Way

Bismillah, saya ambil rute ini, saya luruskan niatnya, saya tegaskan sikapnya, dan saya ambil keputusannya. Saya jalani dan Insya Allah dengan ini saya ikut turun tangan memberi makna pada Republik yang kita cintai ini.
Saya Siap Turun Tangan untuk Melunasi Janji Kemerdekaan, Anies Baswedan 

Sungguh universal. Di setiap aspek, ada pilihan yang berat. Bukan main-main. Jadi, bismillah, ambil rute yang tepat, luruskan niatnya, tegaskan sikapnya, dan ambil keputusannya. Insya Allah.

Minggu, 22 September 2013

Saya, Blog, dan Augustus

Hiyaaaaaaaaaaaaaaaaa
Eh eh, kemaren nih ya, eh ngga kemaren-kemaren banget sih, tapi ngga kemaren yang beneran juga, yah pokoknya kemarenlah. Terpikir mo ngasih nama sesuatu, nah gimana kalo ngasih nama ini saya punya blog. Nah yang terpikir itu.............
TRETETETEEEEEET JENG JENG!! 
AUGUSTUS
:3
...


...
krik.
Entahlah, ini... freak. Iyah, ini freak *sadar diri*. Kan yah ceritanya mau bikin-bikin nama aja gitu ._. nah yang ngetok-ngetok di otak bagian driver (otak emang driver yak) yah nama Augustus inih. Gigan. Kaku. Kalo arti... silahkeun atuh search di googleh. Tapi kan Augustus nama priyeah, bukan nama wanityeah, jadi... ya... masa mau jadi Augusta, kan yang terpikir Augustus :|

Sampe otak bagian mengingatkan-si-empunya-yang-ingatannya-lagi-ilang pun sadar, kalo ini blog kan namanya Juragan Garnis. Kece kuadrat.

siiiiiiiiing~


Sudahlah, apa yang terlintas cepet, tanpa perhitungan, iseng-iseng, gausah dijadiin patokan dah. Kecuali patok yang udah ada kurang keren, baru itu sapa tau bisa dipake *apasih. Tapi beneran loh, yang udah ada biasanya sering lupa, mau yang baru terus, nah, pesan Juragan: Bijaksanalah! bijaksanalah!

Augustus aja oke, apalagi gue